Muhammadiyah di Sukajaya sudah ada sejak puluhan tahun lalu, jika dilihat secara individu, namun secara Organisasi Muhammadiyah Sukajaya berdiri sekitar tahun 1986, pada saat itu Kecamatan Sukajaya masih menginduk pada Kecamatan Cigudeg. Ranting yang pertama kali berdiri yakni PRM Kiarasari dan saat itu masih menginduk ke PCM Jasinga.

Melalui perkembangan zaman Muhammadiyah Sukajaya tetap kokoh berdiri dan cara mengelola organisasinya sesuai dengan lingkungan sekitar serta memperhatikan sedikit banyaknya kebutuhan masyarakat. Tahun 2008 secara resmi, Muhammadiyah Sukajaya membentuk amal usaha di bidang Pendidikan yakni MI Muhammadiyah Cisarua dan disusul pada tahun 2010 mendirikan MTs Muhammadiyah Cisarua yang saat ini menjadi SMP. Kedua Pendidikan tersebut berdiri sejak kepemimpinan Bapak Sudin (Alm) dan kedudukannya masih menginduk.
Seiring dengan berjalannya Waktu, usia bangunan sekolah hingga saat ini sekitar 13 tahun menjadikan para tenaga pendidik dan pengurus PCM melakukan evaluasi dengan semakin menuanya kondisi fisik bangunan. Dengan menguatkan tekad, akhirnya Muhammadiyah Sukajaya memutuskan untuk memulai membangun Gedung baru khusus SMP Muhammadiyah 01 Sukajaya, dikarenakan lantai 2 dari bangunan tersebut sudah keropos, sehingga mengkhawatirkan terjadi hal yang tidak diinginkan saat digunakan untuk belajar, sebab bahan bangunan yang digunakan ialah berupa triplek untuk lantai yang kekuatannya tidak lama apa lagi sering terkenan angin dan hujan.

Syukur Alhamdulillah dengan dimulainya pembangunan, banyak para dermawan yang bersimpati untuk ikut berjuang melalui harta, tenaga juga do’a. setelah berdirinya Gedung baru sebanyak tiga lokal, maka Panitia masih membutuhkan bahan bangunan lainnya untuk melengkapi bangunan tersebut. Salah satu AUM yang membantu dalam pembangunan ini adalah Koperasi Syariah Khairu Ummah, dengan medonasikan bahan bangunan berupa keramik untuk satu kelas. Diharapkan donasi ini bisa mempercepat pembangunan kelas-kelas SMP, minimal satu kelas dalam waktu dekat sudah bisa digunakan untuk belajar oleh Siswa.

Dadang Khaerul, S.Pd selaku Kepala Sekolah SMP mengatakan ”Ucapan banyak-banyak terima kasih kepada BMT atas bantuan yang telah diberikan kepada Panitia pembangunan SMP, dengan penuh harapan pemberian tersebut senantiasa menjadi amal Jariyah dan tentunya sudah paSti bermanfaat bagi pengguna. Semoga Allah SWT. melancarkan semua aktivitas bisnis yang diselaksanakan oleh Koperasi Syariah Khairu Ummah”, Pungkasnya. (AsepZack)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ArabicEnglishIndonesian
Scroll to Top